B. Apa yang Terjadi Saat Fotosintesis ?

Dalam proses fotosintesis diperlukan air (H2O), dan gas karbon dioksida (CO2). Air berasal dari dalam tanah, diangkut oleh xylem dari akar ke daun, sedangkan gas karbon dioksida berasal dari pernapasan organism. Dengan bantuan cahaya matahari, fotosintesis berlangsung. hasilnya berupa zat makanan ( C6H12O6) dan gas oksigen (O2). Perhatikan reaksi berikut ini.

6H2O         +          6CO2 —————->            C6H12O6 +               6O2

(air)              (karbondioksida)          klorofil                   (glukosa)                             (oksigen)

Di dalam kloroplas, air dan karbon dioksida bereaksi membentuk gula. Energi untuk reaksi tersrbut berasal dari cahaya matahari yang diserap oleh klorofil yang terdapat di dalam kloroplas. Energi tersebut digunakan untuk memecah molekul air menjadi oksigen dan hydrogen. Oksigen akan lepas dari daun, sedangkan molekul hydrogen bergabung dengan molekul CO2 membentuk zat makanan berupa gula, yaitu C6H12O6 (glukosa).

Glukosa hasil fotosintesis dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri, yaitu untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu, sebagian glukosa diubah menjadi karbohidrat (zat tepung) yang disimpan di dalam akar, batang, buah, atau biji sebagai cadangan makanan.   Sedangkan oksigen yang dilepas ke udara bebas, dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri dan organism lain untuk respirasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: